YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ( YPI ) NURURROHMAN

Jumat, 15 Juli 20110 komentar

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YPI) NURURROHMAN


PEROPOSAL PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA
(MD,SMP,SMA)
BAB I
PENDAHULUAN

1.UMUM
Yayasan pendidikan islam (YPI) Nururrohman yang didirikan dan bergerak dalam dunia pendidikan, di mulai kegiatanya di dunia pendidikan pada saat ini adalah dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) atau Raudotul Atfal (RA) sampai dengan tingkat SMA untuk kategori Pendidikan Formal dimulai dari Pondok Pesantren, Wajardikdas Sembilan (9) Tahun Ulla Wustho sampai dengan Paket C setara SMA



Menyadari tentang tantangan dalam pembangunan nasional adalah masalah kerisis mental dan ahlak diakibatkan oleh kualitas sumber daya manusia yang lemah. Dengan demikian upaya pengembangan sumber daya manusia menjadi faktor yang paling penting sebagai pendorong dalam menciptakan sumber daya manusia yang sehat dan baru secara berkelanjutan.

Dengan demikian dengan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nururrohman sebagai bagian dari anak bangsa dan hamba Allah mencoba memberikan sumbangsih terkecil demi vdemi terciptanya menusia Basthatan Fil ilmi waljismi dengan methode wa kalimatinasi uqulihim bi qadrihi dengan sasaran berbaikan adalah tanggapan ( anniyat ) dimana niat adalah al-maqosid, inamal a’malu binniyat, karena anniyat menurut orientalis barat adalah mitos sama dengan gambaran tujuan dalam arti ilmu sehingga diharapkan, kader-kader Nururrohman mampu menjadikan Al-Ilmu Imamul Amal, Al-amal Fayattabiuhu.

Selanjutnya seperti kita maklum bersama peranan pemerintah sebagai penanggung jawab pembangunan disegala bidang kususnya di bidang pendidikan tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak baik swasta maupun lembaga swadaya masyarakat.Menyadari akan hal tersebut Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nururrohman yang bergerak dibidang pendidikan, akan turut serta berpartisipasimembantu untuk mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan baik secara jalur agama maupun umumguna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal agar siap menghadapi dan mempersiapkan mental anak bangsa untuk kejenjang seterusnya, serta sanggup menghadapi perubahan keadaan dalam kehidupan dunia yang selalu berkembang melalui latihan bertindak atas dasar melalui secara logis,rasional,keritis,cermat,effektif dan efisien serta terpadu dalam perkambangan mental dan rasional.

Semoga lembaga Pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nururrohman berdasar kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang berbasis kompetensi unggulan,yakni unggul secara agamis,akademis dan life skil,baik secara mandiri,maupun kerja sama dengan pihak luar sebagai mitra kerja,diharapkan dapat memberikan andil kepada

pemerintahdalam mewujudkan dan ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa guna mencapai masyarakat adil makmur dan sentosayang di ridhohi Allah SWT. Amien.


1.Latar belakang
Dalam menjalani Era Globalisasi,adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas merupakan kebutuhan yang sangat mendasar.Sumber Daya Manusia yang berkualitas merupakan Investasi yang tak ternilai harganya, bahkan menjadi penentu bagi keberhasilan pembangunan dan citra bangsa Indonesia. Dengan demikian segala upaya yang diarahkan kepada peningkatan atu Intensifikasi Sumbr Daya Manusia selalu mendapatkan perhatian yang sangat serius.

Menyadari tentang tantangan vdalam pembangunan nasional adalah masalah kerisis mental dan akhlak diakibatkan oleh kualitas sumber daya manusia yang lemah.Dengan demikian upaya pengembangan sumber daya manusia menjadi faktor yang paling penting sebagai pendorong dalam menciptakan sumber daya manusia yang sehat
Menhadapi Era Informasi, merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri bahwasanya ternyata pendidikan merupakan salah satu syarat mutlak untuk menjadikan tidak tertingal jauh dalam menghadapi persaingan yang semakin tajam.

Dalam amanat UUD 1945 alinea ke empat, bahwa salah satu tujuan pemerintah Indonesia adalah”Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”yang kemudian dituangkan pula dalam UUD 1945 Bab XIII pasal 31 ayat (1) bahwa “tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran”.

Salah satu perogram Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional. Adalah dalam rangka merealisasikan salah satu program tersebut pemerintah mengembangkan wajardikdas baik secara salafiyah maupun sekolah ideal, bertarap Nasional maupun Internasional, sebagai Implementasi dan pengamalan UU45.

Selanjutnya, abad ke-21, adalah suatu Era Globalisasi yang di perlukan adalah kemampuan kompetisi yang tinggi dalam berbagai segi kehidupan.Maka dunia pendidikan dihadapkan dan tantangan berat,terutama dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.Disisi lain pendidikan Nasional dihadapkan pada beberapa permasalahan yang mendasar yakni (1) masih rendahnya pemeratan memperoleh pendidikan, (2) msih rendahnya kualitas dan relevensi pendidikan, dan (3) masih lemahnya manajemen pendidikan.

Sumberdaya manusia yang berkualitas merupakan Inventasi yang tak ternilai harganya,bvahkan menjadi penentu bagi keberhasilan pembangunan dan citra bangsa Indonesia. Dengan demikian segala upaya yang diarahkan kepada peningkatan atau Intesivikasi Sumbver Daya Manusia selalu mendapatkan perhatian yang sangat serius.


Menghadapi Era Informasi, merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri bahwasanya ternyata pendidikan merupakan salah satu syarat mutlak untuk menjadikan tidak tertingal jauh dalam menghadapi persaingan yang semakin tajam.

Dengan melihat kenyataan di atas dan disertai tanggung jawab sebagai pendidik dan warga bangsa Indonesia, maka proposal ini dibuat untuk diajukan dalam rangka pengajuan proposal permohonan Bantuan Dana

Peradigma baru Pendidikan adalah sebagai subject Pembangunan, Schoolding menjadi learning, cara belajar siswa aktif menjadi reflektif , pendidikan berbasis kepada kehidupan masyarakat, keragaman dalam keseragaman anak didik sebagai subject linking (life skil) dan delinking, (pemutusan lingkungan negative),divesifikasi Kurikulum, Pembelajaran Kontektual, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berbasis Kompetensi, Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Dengan Manajemen Berbasis Sekolah.

Dalam upaya membantu program Pemerintahdalam memajukan pendidikan sesuai dengan amanat UUD 1945 dan apa yang tertuang dalam Undang-undang dan peraturan pemerintah tentang tujuan pendidikan nasional, dengan ini kami Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nururrohman bermaksud mengupayakan Pengembangan Pondok Pesantren dan Sekolah.

Dalam rangka meningkatkan dan kerja sama dan koordinasi penyelenggaraan pendidikan perlu melakukan pengelolaan pendidikan yang di rancang dan dibangun,dikembangkan dan dibina secara koordinatif dalam aspek ketenangan, fasilitas,pembelajaran dan lainya guna membangun satu system pendidikan ideal terhadap nasional dan internasional.

Untuk menuju satu Pendidikan yang Ideal bermutu dan bertarap nasional dan internasional pada pendidikan anak didik,perlu dibangun sarana dan pra sarana pendidikan yang sesuai dengan system pendidikan nasional.

1.Dasar
1.Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945
2.Undang-undang No.2 Tahun 1989
3.Peraturan Pemerintah nomor 29 Tahun 1990
4.Undang-undang nomor 20 tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ( YPI ) NURURROHMAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger